Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimbingan Teknis Seputar NISN Tahap 4



Permasalahan yang biasa ditemukan pada pengelolaan NISN dan data peserta didik di tingkat sekolah biasanya terjadi karena kurangnya sosialisasi, kendala infrastruktur dan kurangnya kepedulian pihak-pihak terkait terhadap data peserta didik dan administrasi kependudukan, beberapa akibatnya adalah :
  1. Peserta didik tidak memiliki NISN
  2. Peserta didik memiliki NISN ganda
  3. Peserta didik memiliki NISN yang sama dengan peserta didik lain
  4. OPS tidak melakukan tahap-tahap proses administrasi data peserta didik online secara benar

Akibat yang ditimbulkan pada akhirnya akan berdampak pada peserta didik dan pihak sekolah, sebagai mana sudah di sebutkan sebelumnya (Bagian 1).

Salah satu contoh kelalaian OPS dan kurangnya pengawasan dari pihak sekolah adalah, OPS tidak mengeluarkan peserta didik yang mutasi atau keluar, sehingga ketika peserta didik melanjutkan pendidikan di sekolah tujuan data dan NISN nya tidak ditemukan oleh OPS sekolah tujuannya. hal ini sering kali terjadi dan banyak dialami oleh OPS sekolah tujuan dari peserta didik yang mutasi.

Untuk lebih memahami penyelesaian permasalahan yang ditemukan dalam melakukan pengelolaan data peserta didik (VervalPD), beberapa teman-teman OPS dan fasilitator sudah banyak melakukan sosialisasi dan beberapa postingan di media sosial, silahkan unduh berkasnya di https://web.facebook.com/groups/VERVAL.NISN/files/



Posting Komentar untuk "Bimbingan Teknis Seputar NISN Tahap 4"

Informasi terbaru juga bisa Anda ikuti melalui Media Sosial kami dapodikcenter di bawah ini :